Monday, June 3, 2013

Mimpi, Bunga sekaligus Duri Tidur

akhir-akhir ini saya sering bermimpi tiap malam. hampir selalu. biasanya tidak pernah sesering ini. tapi saya selalu lupa akan mimpi saya itu.
jadi mulai hari ini, agar saya mengingat-ingat mimpi saya untuk kedepannya, saya ingin menuliskan semua mimpi saya itu di blog ini.

mimpi saya tidak pernah beralur. lompat-lompat. saya juga heran, tiba-tiba ngeliat A, ga lama kemudian tiba-tiba ngeliat B. apa ini menggambarkan sifat saya yang terlalu lincah? entahlah.
sering sekali, lagi asik bermimpi tiba-tiba udah pagi aja. 
dan kebiasaanya, jika saya bermimpi yang lumayan panjang, efeknya adalah badan saya jadi pegal, kepikiran akan mimpi dan ngantuk di siang hari.
jadi sebenarnya mimpi itu bagi saya adalah bagian dari tidur yang tidak berkualitas.
namun apa daya, kita kan tidak bisa mengatur apa yang terjadi di alam bawah sadar.

ibaratnya kita sedang naik wahana Halilintar di Dunia Fantasy, Ancol. kita kan tidak bisa mengatur gerakan dari Roller Coaster. kita hanya bisa mengikuti kemana roller coaster bergerak dan berteriak : "huaaaaaaa". atau. kita mengambil keputusan untuk tidak naik wahana tersebut.

nah masalahnya berbeda dengan main Halilintar, mimpi itu adalah bagian dari tidur. itu tidak bisa dipisahkan. jika mimpi anda bagus, singkat, lalu terlelap, dan pada akhirnya anda mendapatkan tidur yang berkualitas, artinya anda beruntung. namun jika mimpi anda tidak jelas, bikin kita berpikir, dan akhirnya cape sendiri (emang ada yah istilah "cape mikir" di mimpi? haha), tidur tidak nyenyak lalu mendapatkan tidur yang tidak berkualitas; artinya anda lagi sial dan harus memulai pagi dengan tidak semangat, dan membuat kepala anda penuh dengan pertanyaan : mimpi apa tadi yah? apa artinya mimpi tadi yah? 
dan kita tidak bisa memilih untuk tidak tidur, karena manusia pasti butuh istirahat. kecuali anda Iron Man. 
dan jika sudah tidur pilihannya cuma 2. mimpi atau tidur nyenyak.
menurut saya dan menurut salah seorang teman saya, mimpi itu tidak ada yang mimpi indah atau buruk. yang ada hanyalah tidur yang nyenyak atau tidak.
saya pernah mencoba untuk tidur nyenyak dengan cara membuat badan saya selelah-lelahnya sepanjang hari. yang otomatis membuat kita kehabisan energy lalu tertidur pulas. namun masalahnya, rutinitas kita tidak seperti itu, terkadang seharian kita cuma berada di depan komputer, seharian cuma duduk. pasti tidak akan mendapatkan "kelelahan" yang cukup. namun jika dipaksakan untuk beraktifitas lanjut, tubuh akan menolak dan membuat kita hanya akan duduk malas-malasan.

malam ini saya bermimpi, tentang banyak hal.
pertama. 
saya berada tangga bersama abang saya, samuel. posisi abang saya berada di deretan tangga yang lebih tinggi dari saya. lalu kakak, mama, dan saudara yang lain melihat ke arah abang dan melemparkan makanan. lalu mama seperti mengatakan : "itu lihatlah bagaimana cara makan yang baik"
aneh. dan menurut saya tidak ada artinya.
kedua.
saya bermimpi saya sedang berada 1 mobil bersama tulang saya, Tulang Juanda, saya sedang dibawa mutar-mutar. saya berada di bangku terdepan, dan di samping saya juga ada Tulang Boris. lalu Tulang Juanda seperti sedang mabuk membawa mobil itu.
ending? nihil. saya cuma ingat sampai disitu.
ketiga.
arrrggghhhhh..kelupaan, padahal pagi tadi saya masih ingat sepotong-sepotong.
huaa

ah sudahlah, yang penting, sudah ada 2 mimpi yang teringat oleh saya, setelah mimpi2 yang sebelumnya berlalu bergitu saja.

see you in next dream.

No comments:

Post a Comment